RSS

RPP dan LKS Logaritma (Pendekatan PMRI)

14 Jun

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                      : SMA

Mata Pelajaran           : Matematika

Kelas/Semester          : X/Ganjil

Alokasi Waktu           : 2 x 45 Menit

 

 A.    Standar Kompetensi

1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma

B.     Kompetensi Dasar

1.1  Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma

 C.    Indikator

1. Menjelaskan konsep logaritma

2. Menerapkan konsep logaritma dalam kehidupan sehari – hari

D.    Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat menjelaskan konsep logaritma

2. Siswa dapat menerapkan konsep logaritma dalam kehidupan sehari – hari

E.     Materi Pokok

Bentuk logaritma

F.     Media Pembelajaran

Lembar kerja siswa (LKS)

Video pembelajaran

 G.    Pendekatan

Pendekatan PMRI

 H.    Metode Pembelajaran

Kombinasi ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

I.       Langkah-langkah Kegiatan

Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi

• Mengingat kembali tentang bentuk pangkat dan akar

Motivasi

• Memberikan ilustrasi mengenai manfaat mempelajari topik logaritma.

Kegiatan Inti

• Guru meminta siswa membentuk kelompok diskusi. Kemudian  guru membagikan LKS kepada tiap kelompok.

• Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk mempelajari konsep logaritma melalui media LKS.

• Guru membimbing diskusi kelas dan mengarahkan pada jawaban yang benar.

• Guru meminta perwakilan dari setiap kelompok untuk menuliskan atau mengemukakan hasil diskusinya. Siswa diberikan kesempatan untuk menjelaskan hasil diskusinya, sementara siswa (kelompok) lain diberi kesempatan untuk menanggapinya.

Kegiatan penutup

• Dengan bimbingan guru, siswa merangkum materi yang telah dipelajari

• Guru bertanya kepada siswa tentang pendapat mereka mengenai topik maupun kegiatan pembelajaran yang telah mereka ikuti.

• Guru menginformasikan materi pertemuan berikutnya dan memberikan pekerjaan rumah.

J. Penilaian

Data kemajuan belajar siswa dapat diperoleh dari:

Hasil kuis, hasil pekerjaan rumah (PR), dan partisipasi siswa dalam diskusi kelompok, cara siswa mengemukakan pendapat, dan sebagainya.

 

 

LEMBAR KEGIATAN SISWA

 

Nama Anggota Kelompok          :

1.

2.

3.

Kelas/Semester                        :

Mata pelajaran                          :

 

Petunjuk Umum

o Kerjakan dan diskusikan LKS ini dengan teman sekelompokmu.

o Tanyakan kepada guru jika ada hal-hal yang kurang jelas.

 

Kegiatan 1

  1. Dari lidi yang telah di siapkan, bagi lah menjadi 2 bagian sama panjang.
  2. Jumlah potongan lidi sekarang sebanyak : …
  3. Dari lidi yang telah dibagi tadi, masing-masing lidi dibagi lagi menjadi 2 bagian sama panjang.
  4. Ulangi langkah 2 dan 3 sampai mendapatkan 32 buah lidi sama panjang.
  5. Isilah tabel pengamatan berikut

Pembagian ke

Lidi dibagi menjadi

Jumlah lidi sekarang

1

2

2

2

 

Pertanyaan :

  1. Pada percobaan berapa didapat sebanyak 32 potongan lidi?
  2. Periksalah berapa kalikah kita harus melakukan pemotongan lidi agar mendapat 128 potongan lidi sama panjang?

 

Kegiatan 2

  1. Dari lidi kedua, bagi menjadi 3 bagian sama panjang.
  2. Dari lidi yang telah dibagi  tadi, masing-masing lidi dibagi lagi menjadi 3 bagian sama panjang.
  3. Ulangi langkah 2 hingga mendapat 27 buah lidi.

Pembagian ke

Lidi dibagi menjadi

Jumlah lidi sekarang

Pertanyaan :

  1. Pada percobaan berapa didapat sebanyak 27 potongan lidi?
  2. Periksalah berapa kalikah kita harus melakukan pemotongan lidi agar mendapat 243 potongan lidi sama panjang?

Kegiatan 3

Bakteri Escherichia coli atau E. coli adalah bakteri penyebab penyakit diare yang berkembang biak dengan cara membelah diri. Bakteri E. coli membelah setiap 12,5 menit.

Pertanyaan :

  1. Berapa banyak bakteri setelah 50 menit?
  2. Berapa banyak bakteri setelah 80 menit?
  3. Berapa waktu yang diperlukan untuk mencapai jumlah 16?
  4. Berapa waktu yang diperlukan untuk mencapai jumlah 100?

Kegiatan 4

Buatlah kesimpulan dari kegiatan-kegiatan di atas.

 

 
Leave a comment

Posted by on June 14, 2013 in RPP

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
JI Mat

Jendela Ilmu Matematika

YU_Math

Karya Anak Matematika

Rindi Antika Sari

Selamat Datang di Blog Pendidikan

MATHmosphere

“Hiduplah seperti pohon kayu yang lebat buahnya, hidup di tepi jalan dan ketika dilempari orang dengan batu, tetapi dibalas dengan buah”.— Abu Bakar Sibli

Math's Rainbow

When you can see the beauty of mathematics

METAMATIKA

matematika merangkai nusantara

Super SoulMath

All about Education,Mathematics in ICT

CATATAN SIMET (Si Math)

SIMET DAN PERMASALAHAN MATEMATIKA-NYA

Rawa_Math

Always Think in Math

xy - Math

Source and Share About Mathematics

X-Math

Kalimat: Kumpulan Ilmu Matematika

Rumahtematika

riapuspitasariii.wordpress.com

Mathematics and Heart

Semua berawal dari hati :)

Sebel Matematika

Senang Belajar Matematika

Math Zone

Merangkai Matematika Mengubah Dunia

Math Problem Cases

How mathematics should be learned

KusKus FunKi Math

Ku suka, Ku senang, Fun (menyenangkan), Ku Ingat Matematika

Smurf_Math ^.^

Always together with Math

Solmathman

Mathematics Resources in Education & Science for Students and Teachers site

MATHE

" Math Education Blog "

Yuni13's Blog

Just another WordPress.com weblog

BERMATEMATUALANG ( Belajar Matematika Unik, Asyik, Lucu, dan Menyenangkan)

Mathematics as a human activity (Freudhental : 1991)

Yeni Widiastuti

Smile! You’re at the best Mathematics site ever

(MaBelMAT) Mari Belajar Matematika Bersama

FKIP MATEMATIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: