RSS

10 Tahun Lagi, Ahli Matematika Makin Dibutuhkan

27 Mar

Penulis : Riana Afifah | Kamis, 21 Maret 2013 | 12:58 WIB

1256432-jurusan-matematika-guru-mengajar-dosen-mahasiswa-620X310

JAKARTA, KOMPAS.com — Ilmu eksakta makin tahun makin memegang peranan penting. Bahkan kini muncul model pendidikan STEM, yaitu sains, teknologi, teknik, dan matematika, yang semuanya merupakan cabang dari ilmu eksakta. Model pendidikan ini dipercaya menjadi kunci sukses bagi anak-anak saat ini.

Franchise Division Director Eye Level Indonesia, Afan Suryadi, mengatakan bahwa dari riset yang dilakukan oleh National Science Foundation, sekitar 80 persen pekerjaan pada 10 tahun mendatang membutuhkan generasi yang ahli matematika dan ilmu pengetahuan serta melek teknologi.

“Dengan STEM ini tidak hanya sekadar meningkatkan kualitas hidup mereka nantinya, tapi juga meningkatkan daya saing SDM Indonesia di kancah dunia,” kata Afan saat diskusi tentang pendidikan STEM di FX Lifestyle Center, Jakarta, Kamis (21/3/2013).

Terkait dengan perkembangan SDM Indonesia, ia menyebutkan bahwa saat ini pencapaian prestasi belajar siswa Indonesia menurun, khususnya di bidang sains dan matematika. Untuk bidang matematika, Indonesia berada di urutan ke-38 dari 42 negara dengan skor 386. Kemudian untuk bidang sains, Indonesia ada di urutan ke-40 dari 42 negara dengan skor 406.

“Padahal, kemampuan di bidang sains dan matematika ini akan semakin dibutuhkan nantinya. Karena itu, harus mulai diperkuat lagi agar prestasi Indonesia meningkat dan pasti diikuti dengan SDM yang berkualitas juga,” jelas Afan.

Ia juga mengungkapkan bahwa dengan proses pendidikan STEM ini, anak-anak akan terdorong untuk mengasah kemampuan nalar dan berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Selain itu, pendidikan ini juga membantu anak-anak untuk memahami isu yang lebih kompleks dan mencari solusi kreatif.

“Menguasai ilmu ini berarti mampu membuat keputusan dengan mempertimbangkan basic thinking dan critical thinking,” tandasnya.

Editor :
Caroline Damanik
 
Leave a comment

Posted by on March 27, 2013 in artikel matematika

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
JI Mat

Jendela Ilmu Matematika

YU_Math

Karya Anak Matematika

Rindi Antika Sari

Selamat Datang di Blog Pendidikan

MATHmosphere

“Hiduplah seperti pohon kayu yang lebat buahnya, hidup di tepi jalan dan ketika dilempari orang dengan batu, tetapi dibalas dengan buah”.— Abu Bakar Sibli

Math's Rainbow

When you can see the beauty of mathematics

METAMATIKA

matematika merangkai nusantara

Super SoulMath

All about Education,Mathematics in ICT

CATATAN SIMET (Si Math)

SIMET DAN PERMASALAHAN MATEMATIKA-NYA

Rawa_Math

Always Think in Math

xy - Math

Source and Share About Mathematics

X-Math

Kalimat: Kumpulan Ilmu Matematika

Rumahtematika

riapuspitasariii.wordpress.com

Mathematics and Heart

Semua berawal dari hati :)

Sebel Matematika

Senang Belajar Matematika

Math Zone

Merangkai Matematika Mengubah Dunia

Math Problem Cases

How mathematics should be learned

KusKus FunKi Math

Ku suka, Ku senang, Fun (menyenangkan), Ku Ingat Matematika

Smurf_Math ^.^

Always together with Math

Solmathman

Mathematics Resources in Education & Science for Students and Teachers site

MATHE

" Math Education Blog "

Yuni13's Blog

Just another WordPress.com weblog

BERMATEMATUALANG ( Belajar Matematika Unik, Asyik, Lucu, dan Menyenangkan)

Mathematics as a human activity (Freudhental : 1991)

Yeni Widiastuti

Smile! You’re at the best Mathematics site ever

(MaBelMAT) Mari Belajar Matematika Bersama

FKIP MATEMATIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: