RSS

TIGA LANGKAH MUDAH PINTAR MATEMATIKA

15 Mar

Posted by pintarmatematika in artikel matematika, serba-serbi on February 16, 2013

Membaca judul di atas, tentu saja terkesan bombastis. Apakah semudah itu mengajarkan matematika? Untuk jenis anak tertentu, pengajar biasanya memang tidak menemukan kesulitan berarti. Bersyukurlah jika menemukan anak seperti ini:) Orang menamakannya jenius, pintar dan sederet aribut yang sejenis lainnya.

Sebenarnya jika tahu caranya, semua anak dengan mudah dapat memahami matematika dengan baik. Hanya terkadang orangtua, guru dan orang dewasa yang mengajarkan tidak menggunakan cara yang tepat. Ingat matematika itu sesungguhnya abstrak. Lambang operasi ‘+’ bagi seorang anak SD tingkat awal tentu membingungkan. Mengapa harus tanda ‘+’ yang menunjukkan penjumlahan, kenapa bukan yang lain. Apa sesungguhnya makna simbol tersebut.

Saat mengajarkan matematika, sebaiknya pengajar menerapkan tiga langkah berikut:

1. Ajarkan anak untuk memahami suatu konsep matematika yang ‘nyata’ dialami anak. Contohnya dalam penjumlahan tadi. Perlihatkan dulu benda kongkritnya. Apa yang dimaksud 5, berapa banyak 5 itu, ataupun mengajaknya menghitung satu persatu benda tersebut. Perlihatkan pula proses menambahnya.

2. Melewati masa ‘transisi’, anak dikenalkan untuk melihat dalam bentuk gambar. Itulah sebabnya buku-buku matematika untuk SD tingkat awal dipenuhi gambar.

3. Abstraksi. Disini anak mulai diperkenalkan dengan bentuk abstrak berupa simbol ‘+”, dan makna lambang bilangan 5.

Memang tidak semua anak harus melewati tiga tahapan ini secara lengkap. Ada yang tak perlu melewati tahapan 1 namun bisa memenuhi tahapan 2. Bahkan mungkin saja seorang guru mendapati anak yang tidak melewati tahapan 1 dan 2. Biasanya anak seperti ini karena sudah memiliki ‘pengalaman’ matematika yang diperoleh dari pola pengasuhan yang didapatkan.

Ketiga langkah ini tidak terbatas digunakan pada operasi matematika saja. Bisa juga digunakan pada pengenalan bentuk-bentuk geometri, konsep pecahan, dan lain-lain.

 
Leave a comment

Posted by on March 15, 2013 in artikel matematika

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
JI Mat

Jendela Ilmu Matematika

YU_Math

Karya Anak Matematika

Rindi Antika Sari

Selamat Datang di Blog Pendidikan

MATHmosphere

“Hiduplah seperti pohon kayu yang lebat buahnya, hidup di tepi jalan dan ketika dilempari orang dengan batu, tetapi dibalas dengan buah”.— Abu Bakar Sibli

Math's Rainbow

When you can see the beauty of mathematics

METAMATIKA

matematika merangkai nusantara

Super SoulMath

All about Education,Mathematics in ICT

CATATAN SIMET (Si Math)

SIMET DAN PERMASALAHAN MATEMATIKA-NYA

Rawa_Math

Always Think in Math

xy - Math

Source and Share About Mathematics

X-Math

Kalimat: Kumpulan Ilmu Matematika

Rumahtematika

riapuspitasariii.wordpress.com

Mathematics and Heart

Semua berawal dari hati :)

Sebel Matematika

Senang Belajar Matematika

Math Zone

Merangkai Matematika Mengubah Dunia

Math Problem Cases

How mathematics should be learned

KusKus FunKi Math

Ku suka, Ku senang, Fun (menyenangkan), Ku Ingat Matematika

Smurf_Math ^.^

Always together with Math

Solmathman

Mathematics Resources in Education & Science for Students and Teachers site

MATHE

" Math Education Blog "

Yuni13's Blog

Just another WordPress.com weblog

BERMATEMATUALANG ( Belajar Matematika Unik, Asyik, Lucu, dan Menyenangkan)

Mathematics as a human activity (Freudhental : 1991)

Yeni Widiastuti

Smile! You’re at the best Mathematics site ever

(MaBelMAT) Mari Belajar Matematika Bersama

FKIP MATEMATIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: