RSS

8 KOMPETENSI GURU PROFESIONAL

12 Mar

1. KETERAMPILAN BERTANYA

a. Bertanya Dasar

• Mengungkap pertanyaan secara jelas dan singkat

• Pemusatan perhatian

• Memindahkan giliran

• Memberikan waktu berpikir

• Memberi tuntunan (dengan cara menyederhanakan pertanyaan)

b. Bertanya Lanjut

• Mengatur urutan pertanyaan

• Meningkatkan interaksi

2. KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENGUATAN

a. Verbal

Yaitu memberikan suatu apresiasi kepada siswa, contohnya dengan mengatakan bagus, hebat, amazing dan lain-lain.

b. Non verbal

Yaitu memberikan sustu apresiasi kepada siswa dengan  cara :

• Mengacungkan jempol, menconteng tugas yang benar, menepuk bahu, dan lain-lain

• Gerak mendekati

• Mimik dan gerakan badan

• Sentuhan

#Persyaratan memberikan penguatan

-Hangat & Antusias

-Bermakna

-Jelas Sasaran

-Segera & Bervariasi
3. KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI
a. Variasi gaya mengajar
• suara
• kontak pandang
• variasi gerakan badan
• mengubah posisi
b. Variasi media dan bahan
• visual
• audio
• audio visual
c. Variasi pola interaksi
• klasikal
• kelompok
• perorangan
• diskusi
• latihan
• demonstrasi
4. KETERAMPILAN MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECIL
Diskusi kelompok kecil :
• melibatkan 3-9 orang
• tatap muka informal
• memiliki tujuan
• berlangsung dlm proses yg sistematis
Tujuan :
-membagi informasi dan pengalaman
-meningkatkan pemahaman
-mengembangkan kemampuan berfikir
-membina kerjasama
Komponen:
• Memusatkan Perhatian,
• Memperjelas  masalah
• Menganalisis Pandangan Siswa,
• Menyebarkan Kesempatan Berpartisipasi,
• Menutup Diskusi
Diskusi efektif, Jika:
-Topik Sesuai
-Persiapan Memadai
-Pemimpin Siap
-Kelompok Aktif
5. KETERAMPILAN MENJELASKAN
Tujuan
1.    Membimbing Siswa: Memahami Konsep, Memberi Penalaran, dan Terlibat dlm Berpikir

2.    Mendapatkan Balikan dari Siswa

Komponen
1.     Merencanakan Penjelasan: Isi Pesan, Karakteristik Siswa
2.   Menyajikan Penjelasan: Kejelasan, Contoh & Ilustrasi, Pemberian Tekanan
6. KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN
Tujuan
-Memberi Motivasi
-Menjelaskan Batas Tugas
-Hubungan Materi
-Mengetahui Tingkat Pemahaman
Membuka:
• Menarik Perhatian, Menimbulkan Motivasi, dan Membuat Kaitan
Menutup :
• Meninjau Kembali, Evaluasi Penguasaan Siswa, & Tindak Lanjut
7. KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS

Penciptaan Kondisi Belajar Secara Optimal :

-Menunjukkan Sikap Tanggap
-Membagi & Memusatkan Perhatian Kelompok
-Petunjuk yang jelas, Memberi TeguranMengatasi Penyimpangan Perilaku:

-Menemukan & Mengatasi Tingkah laku yang bermasalah

8. KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL PERORANGAN

• Mengadakan Pendekatan Secara Pribadi
• Mengorganisasikan
• Membimbing & Memudahkan Belajar

Prinsip Penggunaan :

-Guru Mengenal Siswa secara Perorangan
-Membantu Siswa Menilai Kemajuan Sendiri
-Variasi Pengorganisasian
Sumber : Catatan KULIAH Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran  Matematika
 
Leave a comment

Posted by on March 12, 2013 in DPPM

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
JI Mat

Jendela Ilmu Matematika

YU_Math

Karya Anak Matematika

Rindi Antika Sari

Selamat Datang di Blog Pendidikan

MATHmosphere

“Hiduplah seperti pohon kayu yang lebat buahnya, hidup di tepi jalan dan ketika dilempari orang dengan batu, tetapi dibalas dengan buah”.— Abu Bakar Sibli

Math's Rainbow

When you can see the beauty of mathematics

METAMATIKA

matematika merangkai nusantara

Super SoulMath

All about Education,Mathematics in ICT

CATATAN SIMET (Si Math)

SIMET DAN PERMASALAHAN MATEMATIKA-NYA

Rawa_Math

Always Think in Math

xy - Math

Source and Share About Mathematics

X-Math

Kalimat: Kumpulan Ilmu Matematika

Rumahtematika

riapuspitasariii.wordpress.com

Mathematics and Heart

Semua berawal dari hati :)

Sebel Matematika

Senang Belajar Matematika

Math Zone

Merangkai Matematika Mengubah Dunia

Math Problem Cases

How mathematics should be learned

KusKus FunKi Math

Ku suka, Ku senang, Fun (menyenangkan), Ku Ingat Matematika

Smurf_Math ^.^

Always together with Math

Solmathman

Mathematics Resources in Education & Science for Students and Teachers site

MATHE

" Math Education Blog "

Yuni13's Blog

Just another WordPress.com weblog

BERMATEMATUALANG ( Belajar Matematika Unik, Asyik, Lucu, dan Menyenangkan)

Mathematics as a human activity (Freudhental : 1991)

Yeni Widiastuti

Smile! You’re at the best Mathematics site ever

(MaBelMAT) Mari Belajar Matematika Bersama

FKIP MATEMATIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: