RSS

CONTOH SOAL PMRI DAN BERBAGAI CARA PENYELESAIANNYA

05 Mar

   Kelompok   : 10.b  ( Sepuluh B )

1.       Bagus Satria  (06111008025)

2.      Ichlas Adiguna  (06111008008)

3.      Nabilah Mansur (06111008024)

4.      Trisiawati  (06111008002)

5.     Yeni Widiastuti  (061110080012)

Pembelajaran PMRI

Contoh soal PMRI

Seorang ibu setiap hari memasak ¾ kg beras. Di dapur terdapat 1 kampil yang berisi 25kg beras. Setelah berapa hari ibu tersebut akan membeli beras lagi?

Penyelesaian:

Untuk menyelesaikan soal tersebut dapat menggunakan berbagai cara, diantaranya dengan cara formal dan informal.

a.     Secara Formal

Dik:

1 hari       =  ¾kg beras    =  0,75kg beras

1 kampil  =   25kg beras

Dit:      Hari ke berapa ibu harus membeli beras lagi?

Jawab:

25 kg beras akan habis setelah = 25/0,75 = 33,33 hari

Jadi, sebelum hari ke-34 yaitu hari ke-33 ibu harus membeli beras lagi.

b.     Secara Informal

1.      Secara Model of  (kelompok 10.b)

Misalkan setiap 1 kg beras dimisalkan dengan 4 canting beras, karena ibu memasak nasi ¾ kg beras sehari maka dalam sehari ibu memerlukan 3 canting beras.

m

Total hari = 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 1 = 33

Jadi ibu harus membeli beras lagi pada hari ke 33.

2.      Secara Model of  (kelompok 7.a)

j

Dari permisalan tersebut didapat kan bahwa pada dengan 25kg beras ibu dapat memasak nasi selama 33hari, dan pada hari ke 33 ibu harus membeli beras.

3.      Secara Model of  (kelompok 1.a)

Dengan menggunakan strategi karung-karung kecil. Di dalam satu karung kecil terdapat 1 kg beras. 1 kg beras ini sama dengan 4 canting ( 1 kaleng susu kecil) . sehingga untuk   beras sama dengan  3 canting . sedangkan 25 kg berarti terdapat 25 kantong.

hk

(Kotak pink) 3/4 + 3/4 + … + 3/4 = 25 hari

Sisanya (kotak putih) 1/4 + 1/4 + … + 1/4 = 8 hari

25 hari+ 8 hari= 33 hari dengan sisa 1 karung, sehingga 25 kg beras dapat

dihabiskan selama 33 1/3hari, sehingga pada hari ke 33 sang ibu harus membeli

beras.

4.      Secara Model for  (kelompok 10.a)

Ibu tersebut menggunakan beberapa alat sebagai berikut:

  • Canting (satuan 1 kg)
  • 4 gelas (satuan ¾ kg)

Alat tersebut untuk mempermudah perhitungannya.

Ilustrasi:

k

Prosedur:

1)      Pindahkan 1 kg beras ke dalam 4 gelas yang bersatuan ¾ kg satu per satu,

2)      Pada pemindahan canting ke-3, maka akan diketahui bahwa 3 kg beras bisa dimasak untuk 4 hari.

3)      Dengan kalkulasi logika, untuk 24 kg beras untuk 32 hari.

4)      Karena masih ada 1 kg, ¾ kg-nya bisa untuk 1 hari.

25 kg dapat digunakan untuk 33 hari dengan menyisakan ¼ kg

Jadi, Ibu tersebut harus membeli berasnya lagi pada hari ke-33.

5.      Secara Model for  (kelompok 7.b)

aaaaa

Dengan cara di atas, ibu dapat mengetahui bahwa dalam 4 hari menghabiskan 3 kg beras, jadi:

4 hari               →        3 kg

8 hari               →         6 kg

12 hari             →         9 kg

16 hari             →         12 kg

20 hari             →         15 kg

24 hari             →        18 kg

28 hari             →        21 kg

32 hari             →        24 kg

Karena beras yang dimiliki ibu 25 kg dan masih tersisa 1 kg beras, ¾ kg bisa dimasak untuk 1 hari, jadi ibu masih bisa masak beras selama 33 hari. Sedangkan sisa berasnya 1 kg – ¾ kg = ¼ kg beras.

Jadi, ibu membeli beras pada hari ke-33 dengan sisa beras ¼ kg.

6.      Secara Model for  (kelompok 4.b)

a

Penyelesaian

Penjelasan:

Cara yang dilakukan untuk mengetahui setelah berapa hari kemudian ibu tersebut akan membeli beras kembali, kami menggunakan cara checklist, yaitu dengan cara seorang ibu membuat sejenis tabel  yang terdiri dari jumlah hari dalam satu minggu dan juga membuat tabel mingguan untuk melihat di minggu berapa beras itu habis.

Cara:

Ibu tersebut mulai memindahkan beras sebanyak 25 kg tersebut kesebuah tempat yang lain dengan sekali memindahkan sebanyak ¾ kg dan setiap memindahkan ia akan menconteng pada hari senin, kemudian ¾ yang kedua pada hari selasa, kemudian ¾ yang ketiga pada hari rabu, dan ¾ yang keempat pada hari kamis, setelah 4 hari sudah tercatat pada checklist ibu tersebut dan beras yang telah di pindahkan sebanyak 3 kg ( ¾  + ¾ + ¾ + ¾ ) dari sinilah si ibu langsung saja membuat pada cheklistnya per 4 hari , sampai beras nya habis 25 kg, penjelasan ini seperti pada tabel

3 kg = 4 hari

6 kg = 8 hari

9 kg = 12 hari

12 kg = 16 hari

15 kg = 20 hari

18 kg = 24 hari

21 kg = 28 hari

24 kg = 32 hari

Hingga hari ke 32 beras yang digunakan hanya 24 kg dan masih tersisa 1 kg.

1 kg itu mampu digunakan untuk memasak pada hari ke 33 dan tersisa ¼ kg.

1kg – ¾ = ¼ kg.

Jadi, ibu membeli beras pada hari ke-33

REFLEKSI

Berdasarkan hasil diskusi kelompok 10.b, semua jawaban setiap kelompok hasilnya sama hanya saja cara penyelesaian  dan model  yang digunakan berbeda. Permasalahan  yang telah di bahas  tersebut mencakup beberapa hal sebagai berikut :

Prinsip-prinsip PMRI

  1. Ada keterlibatan dari guru, dengan menggiring siswa untuk menemukan  konsep matematika (Guide Reinvention).
  2. Guru memberikan suatu permasalah realistic yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari (Didactical Phenomenology)
  3. Siswa membuat dan mengembangkan model sendiri dalam pemecahan masalah (Self Develop Model)

Ciri-Ciri PMRI

  1. Adanya konteks yang berkaitan dengan Matematika pada soal tersebut (Using Context).
  2. Adanya beberapa model/strategi jawaban dalam menyelesaikan soal (Using Models).
  3. Adanya kontribusi/hasil kerja  siswa  (Student’s Production) terhadap permasalahan yang di bahas, seperti membuat hasil diskusi
  4. Siswa diberikan suatu kebebasan untuk bicara, berpendapat  dan diskusi dalam menyelesaikan soal (Interactivity).
  5. Ada keterkaitan antara suatu konsep dengan konsep lainnya (Intertwinning)  dalam permasalahn tersebut  seperti pecahan, pengurangan, pertambahan, perkalian dan pembagian, serta terdapat juga kaitan dengan konsep geometri.
 
Leave a comment

Posted by on March 5, 2013 in PMRI

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
JI Mat

Jendela Ilmu Matematika

YU_Math

Karya Anak Matematika

Rindi Antika Sari

Selamat Datang di Blog Pendidikan

MATHmosphere

“Hiduplah seperti pohon kayu yang lebat buahnya, hidup di tepi jalan dan ketika dilempari orang dengan batu, tetapi dibalas dengan buah”.— Abu Bakar Sibli

Math's Rainbow

When you can see the beauty of mathematics

METAMATIKA

matematika merangkai nusantara

Super SoulMath

All about Education,Mathematics in ICT

CATATAN SIMET (Si Math)

SIMET DAN PERMASALAHAN MATEMATIKA-NYA

Rawa_Math

Always Think in Math

xy - Math

Source and Share About Mathematics

X-Math

Kalimat: Kumpulan Ilmu Matematika

Rumahtematika

riapuspitasariii.wordpress.com

Mathematics and Heart

Semua berawal dari hati :)

Sebel Matematika

Senang Belajar Matematika

Math Zone

Merangkai Matematika Mengubah Dunia

Math Problem Cases

How mathematics should be learned

KusKus FunKi Math

Ku suka, Ku senang, Fun (menyenangkan), Ku Ingat Matematika

Smurf_Math ^.^

Always together with Math

Solmathman

Mathematics Resources in Education & Science for Students and Teachers site

MATHE

" Math Education Blog "

Yuni13's Blog

Just another WordPress.com weblog

BERMATEMATUALANG ( Belajar Matematika Unik, Asyik, Lucu, dan Menyenangkan)

Mathematics as a human activity (Freudhental : 1991)

Yeni Widiastuti

Smile! You’re at the best Mathematics site ever

(MaBelMAT) Mari Belajar Matematika Bersama

FKIP MATEMATIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: