RSS

Contoh Hypothetical Learning Trajectory (HLT)

07 Jun

Dasar – Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika

Untitled

Anggota Kelompok :

  1. Elva Mardayanti (06111008004)
  2. Riani Asri Dianti (06111008020)
  3. Trisia Wati (06111008002)
  4. Yeni Widiastuti (06111008012)

 

Dosen Pembimbing : Meryansumayeka, M.Sc

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS SRIWIJAYA

 

Contoh Hypothetical Learning Trajectory (HLT)

Materi  : Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

1.    Math Goal (Kemampuan Mendasar)

Standar  Kompetensi    :

2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Kompetensi Dasar      :

1. 2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar.

Tujuan  :

1. Siswa dapat melakukan operasi hitung tambah, kurang, kali, dan bagi pada bentuk aljabar dengan satu variabel.

2. Siswa dapat menyelesaikan persamaan linear satu variabel.

3. Siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan prinsip persamaan linear satu variabel.

 

2.    Problem/Activity   :

ü  Guru menjelaskan materi mengenai persamaan linear satu variabel

ü  Guru mengajak siswa untuk mengaitkan hubungan aljabar dan bangun ruang segiempat

ü  Guru memberikan latihan soal untuk mengasah pemahaman siswa, dan siswa menyelesaikan latihan soal tersebut

 

3.    Student Thinking/Hypothesis :

ü  Siswa yang mengerti unsur-unsur balok dan mengetahui rumus luas, keliling, dan volume balok bisa mengerjakan latihan soal yang diberikan

ü  Siswa yang belum bisa membedakan mana panjang, lebar, dan tinggi balok belum bisa menyelesaikan latihan soal yang berbeda dengan contoh soal yang diberikan

ü  Siswa yang mengerti namun belum bisa menganalisis rumus yang sebaiknya digunakan untuk menyelesaikan latihan soal

 

Contoh soal :

Suatu balok terbuat dari kawat dengan panjang balok (x+6) cm, lebar balok (x) cm, dan tinggi balok (x-5) cm.

fsfgh

  1. Hitunglah panjang kawat yang dibutuhkan untuk membuat balok dalam bentuk x !
  2. Jika panjang kawat 100 cm, tentukan ukuran balok tersebut?
  3. Hitunglah volume balok tersebut!

 

Kemungkinan penyelesaian siswa

a. i). Panjang kawat yang dibutuhkan = K balok

K = 4 (p+l+t)

K = 4 ((x+6) + (x) + (x-5))

K = 4 (3×-1)

K = 12×-4 cm

Jika ada siswa yang tidak mengetahu keliling balok namun mampu menganalisis soal, ia kemungkinan akan berpikir untuk menambahkan rusuk-rusuk balok yang terdiri dari empat rusuk panjang, empat rusuk lebar, dan empat rusuk tinggi, sehingga :

panjang kawat = 4p + 4l + 4t

yang merupakan rumus dari keliling balok.

ii). Karena belum memahami unsur-unsur balok siswa mungkin salah gambar dan tidak dapat menyelesaikan soal

iii). Siswa yang salah menganalisis soal kemungkinan menggunakan rumus luas dan volume balok

L = 2 (pl + pt +lt)

V = p.l.t

V = (x+6) (x) (x-5)

V = x3 + x2 – 30x (tidak ditemukan pemecahan masalah)

 

b. i). Jika K = 100 cm

K = 12x – 4

100 = 12x – 4

96 = 12x

x = 8 cm

Sehingga ukuran balok yaitu

p = (x+6) = 8 + 6 = 14 cm

l = (x) = 8 cm

t = (x – 5) = 8 – 5 = 3 cm

ii). Tidak  dapat menyelesaikan

iii). L =

 

V = x3 + x2 – 30x

100 = x3 + x2 – 30x ( tidak ditemukan penyelesaian)

 

c. i). V = p x l x t

V = 14 x 8 x 3

V = 336 cm3

ii). Tidak menjawab sama sekali

iii). Karena panjang kawat = V

maka: V = 100 cm3

 

4. Teacher Support

i. Untuk masalah siswa yang menyelesaikan soal dengan cara a. (ii), guru membimbing siswa untuk mengingat kembali tentang unsur-unsur dan sifat-sifat balok yang telah diajarkan pada saat SD kelas VI semester dua, agar siswa tidak salah lagi dalam menggambar balok sehingga dia bisa menyelesaikan soal yang diberikan yang dihubungkan dengan persamaan linear satu variabel.

ii. Untuk masalah siswa yang menyelesaikan soal dengan cara a. (iii), guru membimbing siswa untuk mengingat kembali tentang keliling, luas, dan volume balok yang juga telah diajarkan pada saat SD kelas VI semester dua, agar siswa tidak kebingungan lagi dalam membedakan luas, keliling dan volume digunakan untuk apa. Guru bisa menggunakan alat yang berbentuk balok untuk menjelaskan tentang keliling, luas, dan volume balok. Untuk keliling balok, guru menjelaskan tenteng sisi-sisi balok, untuk volume balok guru bisa mengibaratkan dengan mengisi benda itu dengan air sehingga siswa akan lebih mengerti.

iii. Setelah masalah a.(ii) dan a.(iii) bisa diselesaikan, maka siswa akan bisa menjawab pertanyaan b. Namun, terdapat masalah saat siswa bingung untuk menyelesaikan masalah tentang persamaan linear satu variabel, dimana dia bingung untuk mencari nilai x dan tidak bisa menyelesaikannya. Maka dari itu, guru bisa menjelaskan tentang penjumlahan, perkalian dan pembagian pada persamaan linear satu variabel dengan mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari.

iv. Untuk masalah b(iii), siswa belum mengerti yang dimaksud dengan ukuran balok yang dimaksud adalah panjang, lebar, dan tinggi. Siswa menganggap bahwa panjang kawat sama dengan ukuran balok. Untuk itu, guru mengingatkan kepada siswa tentang unsur-unsur balok dan menjelaskan kepada siswa bahwa ukuran balok itu terdiri dari panjang, lebar, dan tinggi.

v. Setelah masalah a dan b terselesaikan, maka siswa akan bisa menyelesaikan masalah c dengan menggunakan rumus volume balok, namun, mungkin masih ada siswa yang masih menggunakan variabel x dalam menyelesaikan masalah c, sehinggga dia bingung dan tidak bisa menyelesaikan masalah. Maka dari itu, guru memberitahu kepada siswa bahwa variabel x tidak usah digunakan lagi karena telah diperoleh saat mengerjakan soal b.

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on June 7, 2013 in DPPM

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
JI Mat

Jendela Ilmu Matematika

YU_Math

Karya Anak Matematika

Rindi Antika Sari

Selamat Datang di Blog Pendidikan

MATHmosphere

“Hiduplah seperti pohon kayu yang lebat buahnya, hidup di tepi jalan dan ketika dilempari orang dengan batu, tetapi dibalas dengan buah”.— Abu Bakar Sibli

Math's Rainbow

When you can see the beauty of mathematics

METAMATIKA

matematika merangkai nusantara

Super SoulMath

All about Education,Mathematics in ICT

CATATAN SIMET (Si Math)

SIMET DAN PERMASALAHAN MATEMATIKA-NYA

Rawa_Math

Always Think in Math

xy - Math

Source and Share About Mathematics

X-Math

Kalimat: Kumpulan Ilmu Matematika

Rumahtematika

riapuspitasariii.wordpress.com

Mathematics and Heart

Semua berawal dari hati :)

Sebel Matematika

Senang Belajar Matematika

Math Zone

Merangkai Matematika Mengubah Dunia

Math Problem Cases

How mathematics should be learned

KusKus FunKi Math

Ku suka, Ku senang, Fun (menyenangkan), Ku Ingat Matematika

Smurf_Math ^.^

Always together with Math

Solmathman

Mathematics Resources in Education & Science for Students and Teachers site

MATHE

" Math Education Blog "

Yuni13's Blog

Just another WordPress.com weblog

BERMATEMATUALANG ( Belajar Matematika Unik, Asyik, Lucu, dan Menyenangkan)

Mathematics as a human activity (Freudhental : 1991)

Yeni Widiastuti

Smile! You’re at the best Mathematics site ever

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

(MaBelMAT) Mari Belajar Matematika Bersama

FKIP MATEMATIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,202 other followers

%d bloggers like this: